Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Selasa, 24 Mei 2011

Pembelajaran interaktif dalam system pendidikan jarak jauh

System pendidikan jarak jauh memiliki karakteristik utama keterpisahan fisik antara pengajar dan pembelajar yang ada pada umumnya mengurangi interaksi langsung antara pembelajar dengan pengajar atau instruktur.
Sejumlah institusi pendidikan jarak jauh di dunia berupaya untuk menciptakan komunikasi yang interaktif melalui berbagai cara. Misalnya dengan mendesain bahan ajar (learning materials) sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran interaktif. Upaya lain yaitu menyediakan sarana tutorial bagi mahasiswa dan memanfaatkan media tertentu yang dapat menjadi sarana interaksi antara dosen dan mahasiswa.
Pada system pendidikan jarak jauh,interaksi antara dosen dan mahasiswa memegang peranan yang sangat penting dalam system pendidikan jarak jauh. Artinya dalam proses pembelajaran interaktif,komunikasi dua arah (two ways communication) berlangsung antara pengajar dan pembelajar.
Pengajar menyampaikan materi pembelajaran dan pembelajar memberikan tanggapan (respons) terhadap materi pembelajaran yang diterimanya. Dalam pembalajaran interaktif,dosen tidak hanya berperan sebagai penyampai materi saja,tetapi juga menerima umpan balik dari mahasiswa dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap hasil belajar yang telah mereka tempuh.
Add caption
Dengan demikian,dapat dikatakan bahwa dalam system pendidikan jarak jauh, interaksi merupakan factor penting sebagai sarana penunjang aktivitas pembelajaran. Selama ini mungkin kebanyakan orang membayangkan bahwa interaksi yang terjadi pada system pendidikan jarak jauh hanya satu arah.

0 komentar:

Posting Komentar